Program Doktor


Editor : Didik Supriyadi, SE ( This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )


Program Doktor merupakan jenjang pendidikan formal tertinggi di perguruan tinggi. Walaupun demikian, tidak semua universitas di Indonesia dapat melaksanakan Program Doktor. Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu universitas yang melaksanakan pendidikan formal tertinggi ini. Doktor pertama yang dihasilkan oleh Universitas Gadjah Mada lulus pada tahun 1950, satu tahun setelah berdirinya Universitas ini pada tahun 1949. Bentuk dan pelaksanaan Program Doktor ini dari waktu ke waktu mengalami perkembangan dan penyempurnaan. Pelaksanaan Program Doktor mencapai keadaan stabil terutama setelah dilaksanakan stratifikasi pendidikan tinggi S-1, S-2, dan S-3 di UGM atas dasar Keputusan Presiden No. 53 tahun 1982.
Program Studi Ilmu-ilmu Kesehatan UGM telah dikembangkan dan ditingkatkan dengan mengadakan Kursus Persiapan Program Doktor (KPPD) yang dilaksanakan setiap tahun mulai tahun 1987 sampai dengan tahun 1992, dikoordinasi oleh Tim Clinical Epidemiology Unit (CEU) Fakultas Kedokteran UGM. Pada tahun 1993 Program Doktor Pascasarjana UGM, termasuk Program Studi Ilmu-ilmu Kesehatan, secara resmi memperoleh SK Dirjen Dikti Depdikbud RI No. 690/DIKTI/Kep/1993 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program Studi Magister dan Doktor di Universitas Gadjah Mada. Program Studi Ilmu-ilmu Kesehatan UGM sampai saat ini masih diselenggarakan dengan perkuliahan tidak terstruktur berupa kuliah-kuliah defisiensi, matrikulasi, dan penelitian (by research).

Alamat Sekretariat dan Informasi Pendaftaran
Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan (S3)
Jl. Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 545 458
E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://www.s3fk.ugm.ac.id