Pendaftaran

 

Editor : Hernie Setyowatie, SE ( This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Jadwal Kegiatan Ujian Masuk Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2016/2017

 

Kegiatan

Waktu Mulai

Waktu Selesai

Pendaftaran online dan unggah dokumen yang disyaratkan

22 April 2016
(pukul 00.00 WIB)

15 Juni 2016
(pukul 23.59 WIB)

Pembayaran biaya pendaftaran

23 April 2016
(pukul 00.00 WIB)

17 Juni 2016
(pukul 23.59 WIB)

Penerimaan dokumen pendaftaran syarat khusus selain yang diupload

23 April 2016
(pada hari dan jam kerja)

20 Juni 2016
(pada hari dan jam kerja)

Verifikasi dokumen pendaftaran dan pelaksanaan tes substansi (apabila ada) oleh prodi

25 April 2016
(pada hari dan jam kerja)

20 Juni 2016
(pada hari dan jam kerja)

Pengumuman hasil seleksi

29 Juni 2016

Mulai kegiatan akademik

3 Agustus 2016

 

Syarat Pendaftar Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2016/2017

Pendaftar yang memenuhi persyaratan di bawah ini, dapat melamar untuk menjadi peserta program magister dalam bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Ketua Program Studi:

 

1. Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru.
2. Ijazah S1 atau DIV (khusus prodi tertentu; hubungi Program Studi untuk informasi lebih lanjut), atau foto copy ijazah yang telah dilegalisir.
  1. Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
  2. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
3. Transkrip nilai asli atau foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir, dengan IPK S1 sebagai berikut:
  1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
4. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang pendidikan terakhir. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke DIKTI. Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah Surat Keputusan Penyataraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI.
Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
5. Sertifikat hasil Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM atau Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat;
6. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat. Sertifikat kemampuan bahasa inggris yang diakui adalah:
  1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
  2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
  3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
  5. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi dosen.
7. Surat Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh di sini)
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI.
8. Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit.
9. Syarat khusus:
  1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)
  2. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
10. Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini)

 

Prosedur Pendaftaran Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2016/2017

    1. Hubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk seleksi. Kontak program studi dapat dilihat di sini
    2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
    3. Melakukan pendaftaran secara online di sini.
      • Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
      • Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus berwarna dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
NoDokumenFormat
1 Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru. *.jpg
2 Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
3 Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal (semua halaman) *.pdf
4 Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan yang terakhir (akreditasi saat ini) *.pdf
5 Sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM atau Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) yang masih berlaku*) *.pdf
6 Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:
  1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
  2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
  3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
  5. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi dosen
*.pdf
7 Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh di sini)
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI
*.pdf
8 Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit. *.pdf
9 Syarat khusus:
  • Pelamar S2:Pelamar S3: Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.
    1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)
    2. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
*.pdf
10 Surat ijin studi atau surat tugas dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
  1. Membayar biaya pendaftaran paling lambat 2 (dua) hari setelah proses penguncian data melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Syariah Mandiri (BSM), atau BTN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
    * Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun.
  2. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

*) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat

 

 Petunjuk Pembayaran Biaya Pendaftaran

Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan Bank Syariah Mandiri (BSM) melalui beberapa fasilitas yaitu:

 

  • Pembayaran melalui teller

 

  1. Datang langsung ke Kantor Cabang Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN atau Bank Syariah Mandiri (BSM).
  2. Saudara tidak perlu menggunakan nomor rekening tujuan, cukup memberitahukan kode bayar yang diperoleh setelah Saudara selesai melakukan pendaftaran dan mengunci data (submit).
  3. Teller Bank akan mencatatkan data pembayaran ke Sistem Host To Host UGM.
  4. Apabila transaksi berhasil dibukukan, teller akan memberikan bukti pembayaran biaya pendaftaran yang digunakan untuk mencetak bukti pendaftaran secara online di akun pendaftaran.


  • Pembayaran melalui ATM

 


  • Pembayaran melalui internet banking

 

Update terakhir : 2 Mei 2016 11:43:20 WIB dengan sumber: http://um.ugm.ac.id/