Pendaftaran

Editor : Hernie Setyowatie, SE ( This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Jadwal Kegiatan Ujian Masuk Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2015/2016

 

Kegiatan

Waktu Mulai

Waktu Selesai

Pembayaran biaya pendaftaran

10 April 2015
(pukul 00.00 WIB)

29 Juni 2015
(pukul 23.59 WIB)

Pendaftaran online dan unggah dokumen yang disyaratkan

13 April 2015
(pukul 00.00 WIB)

30 Juni 2015
(pukul 23.59 WIB)

Penerimaan dokumen pendaftaran syarat khusus selain yang diupload

13 April 2015
(pada hari dan jam kerja)

3 Juli 2015
(pada hari dan jam kerja)

Verifikasi dokumen pendaftaran dan pelaksanaan tes substansi (apabila ada) oleh prodi

20 April 2015
(pada hari dan jam kerja)

10 Juli 2015
(pada hari dan jam kerja)

Pengumuman hasil seleksi

3 Agustus 2015

Mulai kegiatan akademik

September 2015

 

Syarat Pendaftar Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2015/2016

  1. Mempunyai ijazah S1 atau DIV (khusus prodi tertentu; hubungi Program Studi untuk informasi lebih lanjut).
    Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
  2. Mempunyai IPK S1 sebagai berikut:
    1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
    2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
    3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.


Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan Perguruan Tinggi.

Bagi pendaftar yang tidak dapat menyerahkan bukti akreditasi atau surat keterangan sedang proses akreditasi dari pimpinan Perguruan Tinggi, maka program studinya dianggap terakreditasi C dan harus menyerahkan dokumen berikut:

    1. Bukti publikasi karya ilmiah di jurnal terakreditasi, atau;
    2. Surat pernyataan dari atasan langsung yang menyatakan bahwa pendaftar memiliki jabatan minimal setara eselon III (bagi yang sudah bekerja).

Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.

  1. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
  2. Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat;
  3. Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat. Nilai kemampuan bahasa Inggris beserta sertifikat yang dapat digunakan adalah:
    1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
    2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
    3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
    4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
  4. Pendaftar yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, dapat melamar untuk menjadi peserta program magister dalam bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Pengelola Program Studi.

Prosedur Pendaftaran Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2015/2016

  1. Hubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk seleksi. Kontak program studi dapat dilihat disini.
  2. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI atau BTN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat disini.
  3. Pendaftaran calon mahasiswa program pascasarjana dilakukan secara online disini.
  4. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
  5. Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 50KB dan maksimal 200KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), diunggah pada saat mendaftar secara online :

No

Dokumen

Format

1

Pas foto resmi terbaru, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera.

*.jpg

2

Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal

*.pdf

3

Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal

*.pdf

4

Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini) jenjang pendidikan yang terakhir

*.pdf

5

Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPENAS yang masih berlaku*)

*.pdf

6

Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:

  1. oAcademic English Proficiency Test (AcEPT) UGM, atau;
  2. oIELTS dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
  3. oTOEFL Internet-Based (IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  4. oTOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari institusi yang diakui oleh IIEF

*.pdf

7

Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh disini)
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI

*.pdf

8

Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit
Khusus spesialis FK diganti dengan Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih minimal 4 bulan saat mulai pendidikan. surat perpanjangan STR tidak berlaku

*.pdf

9

Syarat khusus:

  1. oPelamar S2:
    1. a.Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh disini)
    2. b.Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
  2. oPelamar S3: Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.

*.pdf

10

Surat ijin studi dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh disini)

*.pdf

  1. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

*) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat

 

Petunjuk Pembayaran Biaya Pendaftaran

Perhatian! Telitilah sebelum membayar karena segala bentuk pembayaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik atau dialihkan untuk pendaftaran periode berikutnya dengan alasan apapun.

Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN melalui beberapa fasilitas yaitu:

  1. Pembayaran melalui teller
    1. Datang langsung ke Kantor Cabang Bank Mandiri, BNI, BRI, atau BTN.
    2. Saudara tidak perlu menggunakan nomor rekening tujuan, cukup memberitahukan kode pembayaran (3 digit) : 982 diikuti dengan tanggal lahir calon pendaftar dengan format ddmmyyyy.
    3. Teller Bank akan mencatatkan data pembayaran ke Sistem Host To Host UGM.
    4. Apabila transaksi berhasil dibukukan, teller akan memberikan bukti pembayaran biaya pendaftaran yang memuat password untuk mendaftar secara online di um.ugm.ac.id

 

  1. Pembayaran melalui ATM

ATM Bank Mandiri

ATM BTN

ATM BNI

ATM BRI

 

  1. Pembayaran melalui internet banking

Internet Banking Bank Mandiri

Internet Banking BNI

Update terakhir : 8 April 2015 19:48:21 WIB