Pendaftaran

Editor : Hernie Setyowatie, SE ( This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )


PENDAFTARAN
 

Pelamar Umum dan Kerjasama Semester Gasal TA 2014/2015

Pembayaran Biaya Pendaftaran di Bank BNI : DIBUKA  : 3 April 2014 
DITUTUP: 09 Juli 2014 
Pendaftaran secara Online : DIBUKA : 3 April 2014 
DITUTUP : 09 Juli 2014  
Penyerahan Berkas ke Program Studi : 3 April - 09 Juli 2014 (pada hari dan jam kerja)
Tes Wawancara :  11 - 20 Juli 2014
Pengumuman Hasil Ujian :  23 Juli 2014
Mulai Akademik : September 2014

 

Pelamar BPPDN Semester Gasal TA 2014/2015

KegiatanWaktu
PembukaanPenutupan
Pembayaran biaya pendaftaran 29 April 2014 (pukul 00.00 WIB) 29 Mei 2014 (pukul 23.59 WIB)
Pendaftaran online 29 April 2014 (pukul 00.00 WIB) 30 Mei 2014 (pukul 23.59 WIB)
Penerimaan dokumen pendaftaran 29 April - 2 Juni 2014 (pada hari dan jam kerja)
Verifikasi dokumen pendaftaran dan pelaksanaan tes substansi (apabila ada) oleh prodi 29 April - 10 Juni 2014 (pada hari dan jam kerja)
Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan kemudian
Mulai kegiatan akademik September 2014

 SYARAT CALON PELAMAR

1. Mempunyai IPK S1 sebagai berikut:

  • ≥ 2,50 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  • ≥ 2,75 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  • ≥ 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisasi.

Bagi pendaftar yang tidak dapat menyerahkan bukti akreditasi, program studinya dianggap terakreditasi C dan harus menyerahkan dokumen berikut:

a. Bukti publikasi karya ilmiah di jurnal terakreditasi, atau;

b. Surat pernyataan dari atasan langsung yang menyatakan bahwa pendaftar memiliki jabatan minimal setara eselon III (bagi yang sudah bekerja).

2. Khusus pendaftar lulusan program profesi (dokter, dokter gigi, apoteker, dan dokter hewan), IPK yang dimaksud pada poin (1) adalah IP kumulatif jenjang sarjana dan profesi;

3. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus menyerahkan dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI;

4. Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM minimal 450, dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat;

5. Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku , yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat, dibuktikan dengan sertifikat:

a. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;

b. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;

c. Internet-Based (IBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;

d. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.

Apabila lolos seleksi dan dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana, pada saat registrasi wajib :

a. menyerahkan fotocopy sertifikat nilai tes kemampuan Bahasa Inggris (AcEPT/IELTS/IBT TOEFL/ITP TOEFL) minimal 450 (setara nilai ITP-TOEFL), atau;

b. bagi pendaftar yang belum mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris minimal 450 (setara nilai ITP-TOEFL), wajib menandatangani dan melampirkan surat pernyataan yang disediakan. Surat pernyataan ini memuat kewajiban untuk memenuhi nilai tes kemampuan Bahasa Inggris minimal 450 (setara nilai ITP-TOEFL) sebelum pelaksanaan seminar proposal/ujian komprehensif/ujian proposal.

c. menyerahkan fotocopy sertifikat nilai Tes Potensi Akademik (TPA BAPPENAS/PAPs) minimal 500, atau;

d. bagi pendaftar yang belum mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA BAPPENAS/PAPs) minimal 500, wajib menandatangani dan melampirkan surat pernyataan yang disediakan. Surat pernyataan ini memuat kewajiban untuk memenuhi Tes Potensi Akademik (TPA BAPPENAS/PAPs) minimal 500 sebelum pelaksanaan seminar proposal/ujian komprehensif/ujian proposal.

6. Pendaftar yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, dapat melamar untuk menjadi peserta program magister dalam bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Pengelola Program Studi.

PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Hubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus terkait skor TPA/PAPs dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk seleksi. Kontak program studi dapat dilihat disini.
  2. Pendaftaran calon mahasiswa program pascasarjana dilakukan secara online disini, dengan kode 982 (Program Magister) diikuti dengan tanggal lahir (ddmmyyyy) Rp. 750.000,-. Khusus pelamar BPPDN, harus mendaftar terlebih dahulu secara online di beasiswa.dikti.go.id/bppdn/ sebelum mendaftar di UGM.
  3. Siapkan scan dokumen di bawah ini (dalam format .jpeg, ukuran maksimal 200kb) untuk diunggah pada saat mendaftar secara online dan dikirim:

No

Dokumen

Upload

Kirim

1

Bukti Pendaftaran Online yang telah ditempeli foto

-

2

Pas foto resmi terbaru

-

3

Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal

4

Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal

5

Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini) jenjang pendidikan yang terakhir

6

Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPENAS yang masih berlaku*) dengan nilai minimal 450

7

Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*), dilegalisasi oleh institusi penerbit sertifikat. Sertifikat yang diakui adalah:

  1. oAcademic English Proficiency Test (AcEPT) UGM, atau;
  2. oIELTS dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
  3. oTOEFL Internet-Based (IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  4. oTOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari institusi yang diakui oleh IIEF

8

Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh disini)
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI

9

Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit
Khusus spesialis FK diganti dengan SKCK

10

Syarat khusus:

Pelamar S2: Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh disini)

-

11

Surat ijin studi dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh disini)

-

12

Tambahan dokumen khusus pelamar BPPDN: Pernyataan pemberian ijin (untuk Dosen PTN) atau Pernyataan penugasan (untuk Dosen PTS). Format surat ijin/penugasan dapat dilihat di Panduan BPPDN.

-

  1. Seluruh dokumen persyaratan difotokopi, dilegalisir, dan dibuat sebanyak 2 (dua) rangkap serta dikirim ke program studi tujuan. Batas waktu pengiriman berkas adalah :
    1. Pelamar Umum dan Kerjasama : Rabu, 9 Juli 2014 (cap pos)
    2. Pelamar BPPDN : Senin, 2 Juni 2014 (cap pos 1 Juni 2014

Berkas pendaftaran dibuat 2 (dua) rangkap, dan dikirimkan ke alamat sebagai berikut:

Sekretariat Program Studi S2 IKM UGM
Gd. S2 IKM UGM Sayap Barat Lt. 2
(Atas Kantin Medika), Komplek FK UGM,
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 

*) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat