Pendaftaran

Editor : Hernie Setyowatie, SE ( This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )


PENDAFTARAN
 
Tahap III
Pembayaran Biaya Pendaftaran di Bank BNI : DIBUKA  : 6 Juli 2013 pukul 00.00 WIB
DITUTUP: 26 Juli 2013 pukul 23.59 WIB
Pendaftaran secara Online : DIBUKA : 6 Juli 2013 pukul 10.00 WIB
DITUTUP : 27 Juli 2013 pukul 11.00 WIB
Penyerahan Berkas ke Program Studi :  6 Juli 2013 - 29 Juli 2013 (pada hari dan jam kerja)
Pelaksanaan Ujian  :  31 Juli 2013 (lokasi di Yogyakarta)
Pengumuman Hasil Ujian :  minggu III bulan Agustus 2013

 

TAHAP IV*

Diperuntukkan bagi calon peserta pendidikan yang bersifat umum (biaya sendiri/instansi/kerjasama).

 

Pendaftaran

:

31 Juli – 31 Oktober 2013

Pelaksanaan Tes di Luar Yogyakarta

:

7 November 2013

Pelaksanaan Tes di Yogyakarta:

:

9 November 2013

Pengumuman

:

Minggu ke 2 bulan Desember 2013

 * Apabila calon peserta lulus tes seleksi pada tahap ini, perkuliahan akan dilaksanakan pada tahun akademik 2014/2015 (September 2014)

  Syarat Calon Pelamar

A. Pelamar Latar Belakang S-1 Yang Lulus Tahun 2010 dan selanjutnya:

  • IPK minimal 2,75
  • Khusus lulusan program profesi, IPK yang digunakan adalah IPK rata-rata jenjang S1 dan profesi
  • Harus memiliki nilai TPA OTO Bapenas/PAPs UGM skor minimal 500 (sertifikat masih berlaku dan dilegalisir institusi penerbit sertifikat)
  • Harus memiliki nilai AcEPT/IELTS/IBT/CBT/ITP skor minimal setara 450 (sertifikat harus berasal dari UGM atau lembaga bahasa milik universitas di bawah Kemendikbud dan Kemenag, serta dilegalisir institusi penerbit sertifikat)

 

B.  Pelamar Latar Belakang S-1, Bukan Alumni UGM, Lulus Sebelum Tahun 2010:

  • IPK minimal 2,75
  • Khusus lulusan program profesi, IPK yang digunakan adalah IPK rata-rata jenjang S1 dan profesi
  • Memiliki nilai TPA OTO Bapenas/PAPs UGM (sertifikat masih berlaku dan dilegalisir institusi penerbit sertifikat)
  • Memiliki nilai AcEPT/IELTS/IBT/CBT/ITP (sertifikat harus berasal dari UGM atau lembaga bahasa milik universitas di bawah Kemendikbud dan Kemenag, serta dilegalisir institusi penerbit sertifikat)

 

 C. Pelamar Latar Belakang S-1, Alumni UGM, Lulus Sebelum Tahun 2010:

  • IPK minimal 2,50
  • Khusus lulusan program profesi, IPK yang digunakan adalah IPK rata-rata jenjang S1 dan profesi
  • Memiliki nilai TPA OTO Bapenas/PAPs UGM (sertifikat masih berlaku dan dilegalisir institusi penerbit sertifikat)
  • Memiliki nilai AcEPT/IELTS/IBT/CBT/ITP (sertifikat harus berasal dari UGM atau lembaga bahasa milik universitas di bawah Kemendikbud dan Kemenag, serta dilegalisir institusi penerbit sertifikat)
  • Syarat nilai TPA/PAPs dan nilai kemampuan bahasa Inggris (AcEPT/IELTS/IBT/CBT/ITP) wajib dipenuhi sebelum pelaksanaan seminar proposal.

 

D. Pelamar Latar Belakang S-1 dari/atau Bekerja Di Daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (sesuai kriteria Bapenas dan Kementrian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal dilihat disini)

  •   Berlaku ketentuan seperti butir C.

 

Prosedur Pendaftaran

  • Calon mahasiswa melakukan pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp. 750.000,-.Pembayaran dilakukan dengan system host to host ke BNI dimanapun, dengan menyebutkan kode 2121 diikuti 6 digit tanggal lahir (ddmmyyyy).
  • Calon mahasiswa wajib mendaftar secara online melalui website: http://akademik.ugm.ac.id atau http://um.ugm.ac.id.
  • Memiliki gelar kesarjanaan minimal Strata-1 (S1) ditunjukkan dengan foto kopi ijasah dan transkrip nilai yang dilegalisir perguruan tinggi asal.
  • Melengkapi berkas-berkas yang disyaratkan dalam Formulir Pendaftaran Pascasarjana UGM (Form dapat didownload dalam http://um.ugm.ac.id):
    1. FC bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya
    2. Rancangan usulan penelitian (1 lembar) unduh disini
    3. Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen pendidikan sebelumnya unduh disini
    4. Proyeksi keinginan calon unduh disini
    5. Surat pernyataan pelamar Program Pascasarjana unduh disini
    6. Surat keterangan jaminan pembayaran unduh disini
    7. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
    8. Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan
    9. Surat ijin mengikuti pendidikan bagi yang sudah bekerja unduh disini
  •  Lulus tes seleksi penerimaan mahasiswa baru UGM.
  • Bila sudah memiliki skor TPA/PAPs, serta memiliki skor AcEPT/CBT/IELTS/ITP dari Pusat Bahasa UGM atau lembaga yang diakui oleh UGM, maka sertifikat dapat dilampirkan dalam berkas pendaftaran.
  • Bila belum memiliki, maka wajib mengikuti tes sesuai tanggal yang telah ditetapkan.
  • Berkas pendaftaran dibuat 2 (dua) rangkap, dan dikirimkan ke alamat sebagai berikut:

Sekretariat Program Studi S2 IKM UGM

       Gd. S2 IKM UGM Sayap Barat Lt. 2

(Atas Kantin Medika), Komplek FK UGM,

Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta