Pusat Penelitian


Editor : Pramudo Gunardono, SPd (pramudho@rocketmail.com)


Pengembangan S2 MMR di Fk-UGM dan peningkatan kebutuhan konsultan untuk manajemen rumah sakit berjalan secara sinergis. Prof. Laksono Trisnantoro sebagai salah satu pendiri MMR-UGM melihat potensi pengembangan konsultan rumah sakit dan kemudian mendirikan Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan dibawah FK UGM http://chsm.fk.ugm.ac.id

Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan (PMPK) secara resmi berdiri berdasarkan SK Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dengan No: UGM/KU/503/UM/01/39 tertanggal 5 Februari 1998. PMPK dibentuk sebagai embrio di dalam Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Rumahsakit dan Magister Manajemen Pelayanan Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Mitra kami yang semula terbatas pada institusi pemerintah pun meluas ke institusi swasta bahkan badan-badan internasional. Diversifikasi kegiatan kami diperkaya oleh berbagai penelitian/konsultasi, pelatihan in-house, penyelenggaraan seminar dan semiloka secara reguler, penerbitan jurnal dan buletin, pengadaan program studi banding ke luar negeri, dan sebagainya.


Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan dikelola di bawah pengawasan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Kantor organisasi ini terletak di lingkungan kampus Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada yang memiliki sarana dan prasarana memadai. Struktur organisasi menggunakan model matriks yang merupakan gabungan antara struktur fungsional dan divisional.


Pengembangan strategi dan sistem kontrol mutu dilakukan oleh Sistem Board, yang beranggotakan Resource Person yang berstatus sebagai dosen/staff pengajar di lingkup UGM. Resource Person juga mengawasi setiap proses penelitian dan konsultasi. Setiap divisi dipimpin oleh seorang Kepala Divisi sekaligus Konsultan Full Timer dibantu oleh satu orang Manajer Divisi. Manajer Divisi merupakan staf operasional yang penuh waktu memberikan dukungan administrasional kepada pada Peneliti dan Konsultan. PMPK merupakan unit di fakultas yang mempunyai tenaga penunjang akademik berupa peneliti dan konsultan.


Organisasi PMPK tidak bertumpu pada dosen, namun lebih pada tenaga konsultan dan peneliti penuh dan paruh waktu. Hal ini untuk menghindari over-commitment dari dosen dan memenuhi harapan masyarakat akan adanya konsultan yang dapat bekerja penuh waktu di luar, tidak terganggu oleh jadual mengajar. Model pengembangan ini dilakukan di berbagai universitas terkemuka seperti Harvard University, London School of Hygiene and Tropical Medicine.


Visi

Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan Bertekad menjadi institusi penelitian, konsultasi dan pelatihan manajemen pelayanan kesehatan yang menjadi acuan nasional dan mempunyai standar internasional.

 

Misi

1.Melakukan penelitian, konsultasi dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan manajerial bagi institusi pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta dan sumber daya manusianya

2.Melakukan penelitian, konsultasi, dan pelatihan dalam kebijakan kesehatan.

3.Mendukung misi UGM sebagai world class research university dengan menyediakan dana penelitian bagi mahasiswa S2 dan S3.

4.Menjadi narasumber bagi lembaga konsultan pelayanan kesehatan lain yang membutuhkan.

 

Jangkauan Aktifitas:

  1. Konsultasi manajemen untuk manajemen pelayanan kesehatan, baik pemerintah maupun institusi swasta.
  2. Konsultasi dan penelitian dalam peningkatkan mutu pelayanan kesehatan, baik pemerintah maupun institusi swasta. Mengembangkan jaringan mutu pelayanan kesehatan melalui buletin dan website (www.ihqn.co.id).
  3. Manajemen dan Kebijakan Pelayanan Kesehatan bagi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Departemen Kesehatan, Departemen Dalam Negeri, dan Departemen Tenaga Kerja.
  4. Membangun kerja sama dengan berbagai organisasi internasional, seperti : WHO, Uni Eropa, Bank Dunia, ADB, USAID dan sebagainya.
  5. Mengorganisasi pelatihan manajemen internal.
  6. Mengorganisasi seminar, pelatihan, penelitian, dan lokakarya dalam manajemen palayanan kesehatan dan pengambilan keputusan dalam menejemen kesehatan berdasarkan fakta.
  7. Mempublikasikan Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jurnal ini telah berusia 8 tahun, dan terakreditasi.
  8. Menerbitkan buku-buku manajemen kesehatan.
  9. Menerbitkan buletin dan website www.desentralisasi-kesehatan.net, yang merupakan publikasi hasil ataupun laporan kegiatan lainnya terkait dengan pelaksanaan desentralisasi kesehatan.
  10. Memperluas jaringan PMPK, khususnya untuk kerjasama luar negeri yang menyangkut kebijakan kesehatan antar negara dan pengendalian penyakit prioritas.

 

Selain PMPK terdapat pula pusat-pusat penelitian lainnya di FK-UGM, yaitu:

  1. Pusat Perilaku dan Promosi Kesehatan (P2PK)/Center of Health Behavior and Promotion Divison, Public Health Department Gadjah Mada University
  2. Pusat Studi Maternal dan Perinatal/Center for Maternal-Perinatal Health-CMPH
  3. c.Laboratorium Penelitian Kesehatan dan Gizi Masyarakat (LPKGM) / Community Health and Nutrition Research Laboratories (CHNRL) website http://chnrl.org/
  4. Pusat Kesehatan dan Gizi Manusia/Center for Health and Nutrition-CH2N
  5. Pusat Kedokteran Tropis UGM (Center for Tropical Medicine GMU) website http://fk.ugm.ac.id/tropis.php
  6. Pusat Kajian Bioetika dan Humaniora Kesehatan/Center for Bioethics & Medical Humanities (CBMH) website http://bioethics.fk.ugm.ac.id/
  7. Kajian biaya produksi pelayanan kesehatan di Indonesia website http://biayakesehatan.fk.ugm.ac.id/

 

 

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*