Webinar Surge Capacity dalam Menghadapi Pandemic Covid-19

Pandemi COVID-19 masuk dalam kategori bencana (biological disaster). Konsep penanganan pandemi ini sama dengan konsep penanganan bencana. Perbedaannya hanya ada di prinsip dasar penanganan karena perbedaan sifat agen kausatifnya. Melihat kondisi peningkatan pasien COVID-19 di Indonesia dan diperkirakan akan mengalami lonjakan pasien, maka sudah saatnya memiliki perencanaan kapasitas cadangan untuk menghadapi lonjakan pasien (surge capacity). Surge capacity adalah representasi kemampuan terukur untuk mengelola masuknya pasien secara tiba – tiba. Ini tergantung pada sistem manajemen insiden yang berfungsi dengan baik dan variabel ruang, persediaan, staf dan pertimbangan khusus (misalnya pasien yang terkontaminasi atau menular). Dengan demikian fasilitas kesehatan mampu memobilisasi dengan cepat permintaan yang meningkat, melampaui tingkat layanan normal jika terjadi lonjakan atau keadaan darurat kesehatan masyarakat. Surge Capacity ini seharusnya sudah difasilitasi dalam Hospital Disaster Plan (HDP).

Langkah operasional dalam surge capacity pada pandemi juga memiliki perbedaan yang signifikan, khususnya karena sifat penularannya yang tinggi. Dengan demikian penting dilakukan penyamaan persepsi terkait konsep surge capacity, prinsip – prinsip dasar surge capacity, dan langkah operasional surge capacity dalam menghadapi pandemi COVID-19. Melalui webinar ini, Divisi Manajemen Bencana Kesehatan PKMK FK – KMK UGM dan Pokja Bencana FK – KMK UGM akan menyampaikan terkait surge capacity dalam menghadapi pandemic COVID-19. Webinar mengundang stakeholder terkait dan melibatkan PERSI DIY dan Dinkes DIY sebagai pemantik diskusi.


Tujuan

Menyamakan persepsi tentang konsep surge capacity, prinsip – prinsip dasar surge capacity, dan langkah operasional surge capacity dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari/Tanggal      : Kamis, 26 Maret 2020
Pukul                : 13.00-15.00 WIB
Tempat            : Ruang Sekber Lt. 2 Gedung Litbang

Jadwal Kegiatan

Waktu Kegiatan/Materi Narasumber/Fasilitator
13.00 – 13.10 Pembukaan Prof. Laksono Trisnantoro
13.10 – 13.40 Surge Capacity dalam Menghadapi Pandemic Covid-19 dr. Hendro Wartatmo dr. Bella Donna M.Kes
13.40 – 14.40 Diskusi
14.40 – 15.00 Rencana Tindak Lanjut Prof. Laksono Trisnantoro


Kegiatan ini diselenggarakan secara online melalui webinar dan livestreaming
Link Webinar: https://attendee.gotowebinar.com/register/2131660981909639948
Webinar ID: 984-022-075

Livestreaming: http://kanalpengetahuan.fk.ugm.ac.id/live/

Narahubung
Maria Lelyana
No. HP/WA: 0813 2976 0006

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*