Sumber Belajar

A. SUMBER BELAJAR DI MMR

Perpustakaan MMR menyediakan referensi wajib, buku yang diterbitkan oleh MMR serta melayani pemesanan buku/jurnal/terbitan lain. Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan perpustakaan dengan sebaik-baiknya selama studi. Buku dan jurnal yang tersedia hanya dapat dibaca di ruangan. Pemesanan fotokopi dan artikel dapat langsung menghubungi bagian perpustakaan.

Sumber belajar yang tersedia adalah sebagai berikut:

  • Jumlah koleksi buku : 1169 judul eksemplar
  • Jurnal Cetak : 177 Ekseplar
  • Jurnal & Artikel Elektronik : 2404 Judul
  • Koleksi buku dan judul tesis (CDS-ISIS for Windows dan ISIS MS-Dos, EndNote)
  • Artikel penelitian di jurnal (Cardfile, CD-ROM)
  • MIT Sloan Management Review Journal
  • Harvard Business Review
  • Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (JMPK)
  • List website yang relevan di bidang manajemen rumahsakit

Bagi karyasiswa yang memiliki notebook dan ipad bisa memanfaatkan fasilitas WIFI. Perpustakaan lain yang relevan bagi mahasiswa MMR antara lain perpustakan KMPK, Fakultas Kedokteran UGM, Fakultas Ekonomi, Magister Manajemen, dan Pascasarjana.

Pelayanan perpustakaan OnLine terintergrasi dengan PKMK E-Library

B. SUMBER BELAJAR DI UNIT PERPUSTAKAAN DAN INFORMATIKA KEDOKTERAN

Jl. Denta, Sekip Jogjakarta 55281 Indonesia Telp: 62-274-562741, Fax: 62-274-562741
Website: http://libmed.ugm.ac.id Email: upik-fk@ugm.ac.id

Unit Perpustakaan dan Informatika Kedokteran bertanggungjawab kepada Dekan FK UGM dengan tugas utama menyediakan dan melayani kebutuhan infromasi terkini dalam bidang kedokteran, kesehatan, keperawatan, gizi dan informasi terkait lainnya bagi masyarakat akademik dan umum secara individu maupun institusional.

Tujuan dan Fungsi

  1. Menyediakan kebutuhan informasi penunjang kegiatan belajar dan penelitian bagi sivitas akademika fakultas dan Universitas Gadjah Mada
  2. Menyediakan fasilitas belajar bagi mahasiswa, dosen dan karyawan di lingkungan FK UGM
  3. Menfasilitasi penguasan teknologi informasi di FK UGM
  4. Menyediakan dan memelihara fasilitas jaringan intranet maupun internet dan program-program online di FK UGM

JAM PELAYANAN

Jam pelayanan Perpustakaan FK-UGM adalah pukul 08.00-21.00 kecuali hari Sabtu hanya hingga pukul 14.00.

KOLEKSI (RESOURCES)

Koleksi sumber belajar yang tersedia dan dapat diakses dari Perpustakaan FK UGM antara lain:

  1. Buku teks, tersedia sebanyak lebih dari 11 ribu judul dan 21 ribu eksemplar..
  2. Jurnal cetak, tersedia sebanyak lebih dari 350 judul.
  3. Karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi dan laporan penelitian), tersedia sekitar 6 ribu judul, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik
  4. CD dan video kaset, tersedia sebanyak lebih dari 100 judul
  5. Online Databases dari EBSCO dan ProQuest yang berisi jutaan artikel jurnal ilmiah. Sejak tahun 2003 FK-UGM melanggan database EBSCO Biomedical Reference Comprehensive (BRC) yang memuat informasi bidang biomedis sejumlah hampir 900 judul. Selain itu juga dilanggan ProQuest Academic Research Library (4000 judul) oleh Sekola Pascasarjana, ESBCO Academic Search Premier (6000 judul) oleh UPU Perpustakaan UGM dan EBSCO Business Source Premier (8000 judul) oleh Program Magister Manajemen. Semua database tersebut dapat diakses online dari lingkungan FK-UGM sehingga memberikan keluasan akses informasi bagi sivitas akademika, atau dapat diakses melalui Direct Acces UGM di link ezproxy.ugm.ac.id 

KEANGGOTAAN DAN PROSEDUR PEMINJAMAN

Semua staf dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada adalah anggota perpustakaan dan berhak mendapat pelayanan, termasuk pelayanan khusus seperti pelayanan antar perpustakaan, dan akses on-line koleksi di bagian lain.

  1. Prosedur peminjaman bagi Mahasiswa S2:
    1. Mengisi formulir pendaftaran yang harus diisi lengkap, dengan mencantumkan alamat asal dan alamat Jogjakarta.
    2. Menyerahkan pas foto ukuran 3×4 atau 2×3 sebanyak 2 lembar
    3. Membayar biaya pendaftaran untuk anggota S2 sebesar Rp 25.000 (kartu berlaku selama studi).
  2. Batas waktu peminjaman
    Lama peminjaman selama 14 hari. Batas waktu peminjaman koleksi dapat diperpanjang, sebelum berakhirnya batas waktu pinjam. Mereka dapat menghubungi staf bagian peminjaman. Semua koleksi referensi dan jurnal tidak dipinjamkan. Apabila terdapat keterlambatan pengembalian koleksi akan dikenakan biaya, yaitu Rp. 500,00 per hari keterlambatan. Keterlambatan lebih dari 21 hari akan dikenakan sanksi pencabutan hak keanggotaan.

C. LABORATORIUM STATISTIK

Gedung IKM Lantai III, Jl. Farmako, Sekip Utara Jogjakarta 55281 Indonesia Telp: 62-274-562741 E-mail: agussetyanto@yahoo.com

Tesis merupakan salah satu persyaratan kelulusan dalam program pendidikan S2. Untuk itu, laboratorium statistik dan komputer menyediakan berbagai fasilitas bagi mahasiswa untuk meningkatkan ketrampilan di bidang pengolahan data dan komputasi. Lokasi laboratorium ini terletak di Gedung IKM lantai III sayap Barat.

D. LABORATORIUM KEPEMIMPINAN & KOMUNIKASI

Gedung IKM Latntai III, Jl. Farmako Sekip Utara Jogjakarta 55281 Indonesia Telp. 0274-549425 E-mail: sokhidin@yahoo.com

Aspek soft-skill, terutama ketrampilan kepemimpinan dan komunikasi menjadi perhatian penting dalam pengelolaan organisasi pelayanan kesehatan. Dengan fasilitas yang memadai, tersedia Laboratorium kepemimpinan dan komunikasi sebagai tempat berlatih para pimpinan dan manajer rumah sakit untuk mengembangkan kompetensinya. Berbagai peralatan, seperti 2 chamber room, one way mirror, audio-video engineering, serta ruang yang nyaman yang dilengkapi dengan modul dan instruktur yang handal, menjadi kekuatan dari laboratorium ini.

Laboratorium Kepemimpinan dan Komunikasi merupakan bagian dari proses pembelajaran di MMR. Mahasiswa disarankan pula untuk mempergunakan fasilitas ini secara mandiri, selain dalam proses pembelajaran wajib. Lokasi laboratorium terketak di Gedung IKM lantai III sayap Timur.

Berbagai laboratorium lain yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran adalah Laboratorium Komputer di Gedung Radioputro FK UGM lantai 1, Perpustakaan FK UGM dan Pusat Komputer (Puskom) UGM, Laboratorium Bahasa UGM, dan Laboratorium Audiovisual di Gedung Radioputro, FK UGM.

E. PUSAT KEBIJAKAN dan MANAJEMEN KESEHATAN (PKMK) FK UGM

Gedung IKM Baru, Sayap Utara Lt.2 Jl Farmako Sekip Utara – Yogyakarta 55281 Indonesia E mail : chsm@ugm.ac.id Telp. (0274)549423,549424,549425 (0274)549423,549424,549425 Website http://chsm.fk.ugm.ac.id;

Direktur : DR. dr. Andreasta Meliala, DPH, M.Kes, MAS.

Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan (PMPK) secara resmi berdiri berdasarkan SK Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dengan No: UGM/KU/503/UM/01/39 tertanggal 5 Februari 1998. PMPK dibentuk sebagai embrio di dalam Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Rumahsakit dan Magister Manajemen Pelayanan Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Di awal tahun 2013, PMPK telah berubah nama menjadi Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) sesuai persetujuan Senat FK UGM dengan No: Senat/027/TL/03/04/03.13 tertanggal 15 Maret 2013.

Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan dikelola di bawah pengawasan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Kantor organisasi ini terletak di lingkungan kampus Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada yang memiliki sarana dan prasarana memadai. Struktur organisasi menggunakan model matriks yang merupakan gabungan antara struktur fungsional dan divisional.

Pengembangan strategi dan sistem kontrol mutu dilakukan oleh Sistem Board, yang beranggotakan Resource Person yang berstatus sebagai dosen/staff pengajar di lingkup UGM. Resource Person juga mengawasi setiap proses penelitian dan konsultasi. Setiap divisi dipimpin oleh seorang Kepala Divisi sekaligus Konsultan Full Timer dibantu oleh satu orang Manajer Divisi. Manajer Divisi merupakan staf operasional yang penuh waktu memberikan dukungan administrasional kepada pada Peneliti dan Konsultan. PKMK merupakan unit di fakultas yang mempunyai tenaga penunjang akademik berupa peneliti dan konsultan.

Organisasi PKMK tidak bertumpu pada dosen, namun lebih pada tenaga konsultan dan peneliti penuh dan paruh waktu. Hal ini untuk menghindari over-commitment dari dosen dan memenuhi harapan masyarakat akan adanya konsultan yang dapat bekerja penuh waktu di luar, tidak terganggu oleh jadual mengajar. Model pengembangan ini dilakukan di berbagai universitas terkemuka seperti Harvard University, London School of Hygiene and Tropical Medicine.

Visi
Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Bertekad menjadi institusi penelitian, konsultasi dan pelatihan manajemen pelayanan kesehatan yang menjadi acuan nasional dan mempunyai standar internasional.

Misi

  1. Melakukan penelitian, konsultasi dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan manajerial bagi institusi pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta dan sumber daya manusianya
  2. Melakukan penelitian, konsultasi, dan pelatihan dalam kebijakan kesehatan.
  3. Mendukung misi UGM sebagai world class research university dengan menyediakan dana penelitian bagi mahasiswa S2 dan S3.
  4. Menjadi narasumber bagi lembaga konsultan pelayanan kesehatan lain yang membutuhkan.

Jangkauan Aktifitas:

  1. Konsultasi manajemen untuk manajemen pelayanan kesehatan, baik pemerintah maupun institusi swasta.
  2. Konsultasi dan penelitian dalam peningkatkan mutu pelayanan kesehatan, baik pemerintah maupun institusi swasta. Mengembangkan jaringan mutu pelayanan kesehatan melalui buletin dan website (www.ihqn.co.id).
  3. Manajemen dan Kebijakan Pelayanan Kesehatan bagi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Departemen Kesehatan, Departemen Dalam Negeri, dan Departemen Tenaga Kerja.
  4. Membangun kerja sama dengan berbagai organisasi internasional, seperti : WHO, Uni Eropa, Bank Dunia, ADB, USAID dan sebagainya.
  5. Mengorganisasi pelatihan manajemen internal.
  6. Mengorganisasi seminar, pelatihan, penelitian, dan lokakarya dalam manajemen palayanan kesehatan dan pengambilan keputusan dalam menejemen kesehatan berdasarkan fakta.
  7. Mempublikasikan Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jurnal ini telah berusia 8 tahun, dan terakreditasi.
  8. Menerbitkan buku-buku manajemen kesehatan.
  9. Menerbitkan buletin dan website www.desentralisasi-kesehatan.net, yang merupakan publikasi hasil ataupun laporan kegiatan lainnya terkait dengan pelaksanaan desentralisasi kesehatan.
  10. Memperluas jaringan PKMK, khususnya untuk kerjasama luar negeri yang menyangkut kebijakan kesehatan antar negara dan pengendalian penyakit prioritas.

 

 

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*