Editor : Andhy Setyo Nugroho, AMd (andhy_mmr@yahoo.co.id)
Mengapa pasien dan masyarakat menjadi audiens penting website ini?
Pelayanan utama yang diberikan oleh rumah sakit adalah pelayanan klinis bagi pasien, keluarga dan masyarakat. Pelayanan yang berpusat pada pasien dan keluarga (patient- and family-centered care) dan outcome klinis menjadi ukuran utama dalam keberhasilan manajemen dan bisnis rumah sakit. Sebagai lembaga pendidikan di tingkat pascasarjana, misi utama MMR-UGM adalah mendidik para manajer rumah sakit dan klinisi agar mampu memberikan pelayanan yang berpusat pada pasien bagi pasien dan masyarakat (cek misi MMR). Oleh karenanya pasien dan masyarakat menjadi pihak pemangku kepentingan utama pula bagi MMR-UGM. Melalui website ini, MMR-UGM ingin memberikan kontribusi pula untuk meningkatkan pemahaman pasien, keluarga dan masyarakat agar dapat berpartisipasi secara aktif ketika menggunakan pelayanan kesehatan rumah sakit dengan tujuan memperoleh pelayanan yang bermutu, kepuasan dan terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.
Apa yang dimaksud dengan pelayanan yang berpusat pada pasien dan keluarga?
Pasien merupakan seseorang yang perlu mendapatkan perawatan, bukan sekumpulan kondisi medis yang harus diobati. Menurut Institute for Patient-Family Centered Care (2012), pelayanan yang berpusat pada pasien dan keluarga adalah suatu pendekatan dalam perencanaan, pemberian dan evaluasi pelayanan kesehatan yang berbasis pada kemitraan yang saling memberikan manfaat antara penyedia pelayanan, pasien, dan keluarga. Para klinisi dan penyedia pelayanan lainnya yang memiliki orientasi berpusat pada pasien dan keluarga meyakini bahwa keluarga mempunyai peran vital dalam masalah kesehatan bayi, anak-anak, remaja, dan berbagai usia anggota keluarganya. Penyedia pelayanan menempatkan dukungan emosional, sosial dan dukungan lainnya sebagai bagian utama pelayanan kesehatan serta berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kesehatan individual pasien dan keluarga. Prinsip pelayanan yang berpusat pada pasien dan keluarga menjadi dasar dalam pengembangan kebijakan, program, desain fasilitas, interaksi antar penyedia pelayanan, staf dan antara penyedia pelayanan dengan pasien. Prinsip ini meningkatkan outcome klinis dan alokasi sumber daya yang bijak, serta meningkatkan kepuasan pasien dan keluarganya.
Siapa yang dimaksud dengan keluarga dalam pelayanan yang berpusat pada pasien dan keluarganya?
Dalam hal pemberian pelayanan kesehatan, keluarga adalah dua atau lebih orang yang mempunyai kaitan biologis, hukum atau emosional dengan pasien. Pasien dan keluarganya lah yang menetapkan siapa yang dimaksud dengan keluarga. Siapa yang dianggap sebagai keluarga serta tingkat keterlibatan keluarga dalam pemberian pelayanan kesehatan ditetapkan oleh pasien, apabila pasien telah dewasa atau dianggap mampu untuk menetapkan hal tersebut. Istilah pelayanan yang berpusat pada keluarga, tidak bermaksud untuk mengambil kendali pasien yang mampu membuat keputusan mengenai pelayanan kesehatannya. Pada pelayanan anak (terutama bayi dan anak kecil) keluarga didefinisikan oleh orang tua pasien atau yang merawat pasien.