Ujian Sertifikasi Manajer Keuangan dan Akuntansi Rumah Sakit Batch II

mmr batch 2

Penyelenggaraan Ujian Sertifikasi Manajer Keuangan dan Akuntansi Rumah Sakit Batch I mendapatkan sambutan positif dari civitas manajer keuangan rumah sakit di Indonesia. Kegiatan ini memberikan sarana penguatan sistem keuangan yang berbasis prinsip-prinsip keuangan dan akuntansi, sekaligus menjadi wahana bertukar pikiran bagi manajer keuangan dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang dialami terkait manajemen keuangan di rumah sakit. Sambutan positif inilah yang disambut oleh Perhimpunan Rumah Sakit se-Indonesia (PERSI) dan Minat Utama Manajemen Rumah Sakit (MMR) FK UGM untuk menyelenggarakan Ujian Sertifikasi Manajer Keuangan dan Akuntansi Rumah Sakit Batch II. Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari, pada 10-12 April 2017 bertempat di Wisma MM UGM Yogyakarta. Acara dibuka oleh dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes. selaku Ketua PERSI yang berharap bahwa kegiatan sertifikasi ini dapat memperkuat pengelolaan sektor keuangan menghadapi era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mengedepankan efisiensi, dengan tanpa mengurangi kualitas pelayanan.

Kegiatan sertifikasi batch II berbeda dengan batch I yang banyak diikuti praktisi, didominasi oleh para ekspert yang sudah memiliki pengalaman yang panjang dalam manajemen keuangan rumah sakit. Hal ini diharapkan dapat memperkaya proses sertifikasi yang telah dikembangkan sejauh ini melalui berbagai masukan dan contoh kasus yang ditemui selama berkarya di bidang manajemen keuangan rumah sakit.

Setelah dua hari penuh pelatihan, Sertifikasi Manajer Keuangan dan Akuntansi Rumah Sakit Batch II ditutup dengan ujian bersama yang diikuti oleh 8 peserta. Ujian sertifikasi diselenggarakan selama 8,5 jam dengan jumlah soal sebanyak 450 soal. Soal yang diajukan sebagian besar memerlukan perhitungan khusus, sehingga peserta harus mempersiapkan peralatan dan ilmu yang cukup untuk menjawab pertanyaan terkait dengan pengelolaan keuangan dan akuntansi di rumah sakit.

Tim Pengajar:

1.    Prof. Indra Bastian, Ph.D., MBA., CA., CMA.
2.    Drs. Johny Setiawan, MBA.
3.    Dr. dr. Andreasta Meliala, DPH., M.Kes., MAS.
4.    Agastya, SE., MBA., MPM.
5.    M. Arifai, SE., MM.
6.    Ahmad Samlawi, SE., M.Si.