Blok 5: Leadership, Managing Change, and Managerial Skills

Koordinator: dr. Andreasta Meliala, DPH., MKes., MAS

Blok 5 berisi mata kuliah yang mempelajari konsep kepemimpinan dan komunikasi serta ketrampilan manajerial untuk mendukung manajemen perubahan organisasi rumah sakit. Kepemimpinan dan komunikasi merupakan salah satu ketrampilan yang wajib dikuasai oleh manajer rumah sakit agar dapat menjalankan roda organisasi dalam koridor visi dan misi organisasi yang telah ditetapkan. Pada kenyataannya, harapan manajer rumah sakit untuk menggerakkan organisasi menuju ke arah yang ideal sering dihadapkan pada tantangan non teknis yang berasal dari dalam rumah sakit. Oleh sebab itu, manajer memerlukan ketrampilan yang bersifat soft-skills agar dapat mengkreasikan sebuah visi yang diterima oleh anggota organisasi serta mampu menghasilkan perubahan yang signifikan bagi rumah sakit.

Tujuan umum Blok 5 adalah mengembangkan kemampuan kepemimpinan, ketrampilan manajeral dan komunikasi untuk mendukung efektifitas organisasi. Materi yang dicakup dalam Blok 5 mengakomodasi berbagai kompetensi yang telah dihasilkan dalam pembelajaran blok sebelumnya, agar dapat diimplementasikan dan menghasilkan perubahan yang nyata dalam organisasi.
Mengingat pembelajaran dalam Blok 5 lebih banyak bersifat praktis, maka diperlukan konteks organisasi tertentu yang akan menjadi landasan dalam setiap praktek ketrampilan yang diajarkan dalam blok ini. Kertas kerja dan materi yang telah dihasilkan di blok sebelumnya, terutama Blok 4 (misalnya: draft business plan, draft rencana strategis rumah sakit dan sebagainya), akan menjadi dasar dari setiap diskusi dalam Blok 5.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*