Blok 6: Design, Measurement, and Analysis

Koordinator: dr. Adi Utarini, MSc., MPH., PhD

Setelah membahas content manajemen rumah sakit pada blok 0-4 serta leadership dan keterampilan manajerial pada blok 5, maka blok 6 membahas mengenai aspek metodologi untuk memahami atau memecahkan masalah manajemen di rumah sakit. Berbagai konsep yang telah dibahas dalam blok-blok pembelajaran sebelumnya dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah manajemen di rumah sakit, melakukan berbagai pengukuran untuk mendeskripsikan kondisi rumah sakit, merancang intervensi pada tingkat pasien/masyarakat, sistem mikro pelayanan, organisasi rumah sakit ataupun lingkungan luar rumah sakit, ataupun mengevaluasi berbagai intervensi yang telah dilakukan.
Diawali dengan perumusan masalah manajemen yang tepat, proses pembelajaran dalam blok ini mencerminkan langkah-langkah yang ditempuh oleh seorang peneliti untuk menjawab masalah manajemen yang akan menjadi fokus penelitian. Konsep-konsep dalam metode penelitian, metode kuantitatif dan statistik, serta epidemiologi memperkaya kemampuan peneliti untuk melakukan penelitian secara sistematik dan memberikan jawaban yang objektif.
Blok terakhir ini terbagi menjadi dua, yaitu blok 6a dan blok 6b. Blok 6a merupakan proses awal untuk menyusun proposal tesis (bab 1-3). Oleh karenanya, hasil akhir blok 6a adalah draf proposal tesis yang telah disetujui oleh pembimbing dan siap dipertahankan dalam seminar proposal tesis. Proses selanjutnya adalah persiapan dan pengumpulan data penelitian di tempat penelitian, dilanjutkan dengan analisis data. Blok 6b memfokuskan pada analisis data kuantitatif dan kualitatif serta memfasilitasi proses penulisan tesis (bab 4-5 dan naskah publikasi). Output blok 6b adalah naskah seminar hasil yang telah disetujui oleh pembimbing dan akan dipresentasikan dalam seminar hasil.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*