Penulisan Buku Alumni MMR UGM

Salam Ibu dan Bapak Alumni Magister Manajemen Rumah Sakit (MMR) UGM,

 

Kami mengajak Ibu dan Bapak untuk berpartisipasi dalam pembuatan Buku Alumni yang ditulis oleh para lulusan Manajemen Rumah Sakit (MMR) UGM. Tujuan dari pembuatan buku ini adalah untuk memberikan inspirasi serta pembelajaran kepada rekan-rekan di rumah sakit dan generasi mendatang tentang berbagai permasalahan, terobosan, sampai dengan ide-ide baru untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Buku ini mengakomodasi pengalaman praktis Ibu dan Bapak selama bekerja di rumah sakit. Kontribusi Ibu dan Bapak akan sangat bermanfaat bagi manajer rumah sakit, dan dari sisi yang lain penulisan bersama buku ini akan membangun kolektivitas alumni MMR UGM.

 

Buku ini akan berfokus pada beberapa aspek penting dalam manajemen rumah sakit, diantaranya:

  • SDM Kesehatan
  • Keperawatan
  • Pelayanan Farmasi
  • Pelayanan Gizi
  • Pengelolaan Keuangan
  • Pengelolaan Lingkungan
  • Pengelolaan Arsitektur
  • Green hospital/Environmental friendly hospital
  • Aspek lainnya dalam manajemen rumah sakit

 

TulisanIbu dan Bapak akan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Cerita tentang masalah laten yang terjadi di rumah sakit.
Pada cerita ini, Ibu dan Bapak dipersilakan untuk menarasikan 1 atau 2 isu laten yang terjadi di rumah sakit. Bagian ini akan memberikan gambaran bahwa masalah laten sudah terjadi sejak lama di rumah sakit. Ibu dan Bapak tidak perlu menceritakan solusi atau intervensi yang dilakukan. Bahkan jika memungkinkan, Ibu dan Bapak bisa bercerita tentang hasil dari upaya-upaya yang sudah dilakukan dan hasilnya nihil.

Masalah Laten/ Hidden Causes adalah masalah yang sudah lama terjadi dan pada topik ini, Ibu dan Bapak dipersilakan mengidentifikasi serta mendeskripsikan masalah-masalah laten yang sudah lama terjadi di rumah sakit. Ibu dan Bapak dapat juga menceritakan faktor-faktor yang tidak terlihat secara langsung tetapi dapat menyebabkan masalah seperti:

  1. Kualitas pelayanan kesehatan tidak konsisten (kurangnya SDM dan pelatihan),
  2. Ketidaksetaraan konsep pelayanan kesehatan untuk masing masing kelas perawatan;
  3. Penerapan sistem informasi rumah sakit yang belum memadai;
  4. Ketidakmampuan sistem manajemen dalam menangani krisis
  5. Lemahnya gerakan patient safety dan rendahnya keterlibatan pasien dalam peningkatan mutu pelayanan
  6. Isu kesehatan mental pada SDM
  7. Ketidakjelasan infrastruktur dan penerapan teknologi;
  8. Kelambatan pengembangan etika dan budaya dalam pelayanan kesehatan.

 

2. Cerita tentang terobosan dan solusi yang sudah dikerjakan serta menunjukkan outcome yang positif.
Pada bagian ini, Ibu dan Bapak diberi kesempatan untuk menarasikan terobosan dan intervensi yang sudah dilakukan di rumah sakit, serta menunjukkan hasilnya. Jika Ibu dan Bapak memiliki kerangka kerja (framework) dalam merancang intervensi, kami persilakan untuk ditampilkan. Namun jika berbasis intuisi juga tetap dipersilakan untuk ditulis.

Pada topik ini, Ibu dan Bapak dapat menceritakan intervensi dan aksi yang sudah dilakukan, dimana hasilnya dapat mengatasi hambatan atau memberikan kontribusi positif dalam pelayanan rumah sakit. Area yang bisa diceritakan adalah area SDM Kesehatan, Keperawatan, Farmasi, Keuangan, Arsitektur, dan lain-lain. Karya dan ide Ibu dan Bapak diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi manajer rumah sakit lain. Contoh terobosan diantaranya: pengembangan teknologi diagnostik, telemedicine, aplikasi kesehatan digital, robotika di pelayanan kesehatan, penerapan terapi gen, implementasi AI dalam diagnostik, model pembayaran alternatif (fokus pada hasil dan kualitas perawatan), program edukasi kesehatan berbasis komunitas dan lain sebagainya yang sudah diterapkan di tempat kerja.

 

3. Cerita tentang ide dan konsep baru yang sedang akan diterapkan di rumah sakit.
Pada cerita ini, Ibu dan Bapak diberi kesempatan untuk menceritakan ide baru atau konsep baru yang sedang direncanakan. Ibu dan Bapak diberi kesempatan untuk menarasikan sumber ide, target dan hasil yang diharapkan, strategi penerapan, sampai dengan biaya yang mungkin diperlukan. Ide-ide baru, orisinal, dan inovatif, walaupun belum diterapkan, sudah menjadi gagasan penting yang akan memberi warna baru dalam pengelolaan rumah sakit. Ibu dan Bapak diperkenankan untuk menceritakan ide dan konsep yang memiliki potensi untuk mengatasi masalah-masalah di rumah sakit, seperti:

  1. Ide inovatif melibatkan penerapan teknologi, seperti penggunaan kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi diagnosa dan perawatan,
  2. Ide-ide baru mencakup program-program pelatihan inovatif untuk staf kesehatan guna meningkatkan keterampilan dan ketanggapan mereka dalam merespon situasi darurat atau peningkatan kapasitas rumah sakit.
  3. Penerapan solusi ramah lingkungan dan berkelanjutan di rumah sakit, ide-ide inovatif bisa mencakup pendekatan berbasis pasien, seperti platform digital untuk memfasilitasi komunikasi antara pasien dan tim perawatan;
  4. Program kesehatan komunitas yang lebih terintegrasi untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan masyarakat dalam menjaga kesehatan

 

4. Kelanjutan Tesis: Eksplorasi dan Implementasi kelanjutan topik tesis dan kontribusi dari alumni MMR UGM. Pada bagian ini, Ibu dan Bapak dipersilakan untuk menceritakan kembali tindak lanjut dari tesis/ penelitian dalam upaya mengatasi masalah di rumah sakit. Pengalaman Ibu dan Bapak dalam menindaklanjuti penelitian menjadi materi yang sangat berharga bagi mahasiswa maupun praktisi manajemen rumah sakit.

 

Ibu dan Bapak dipersilakan memilih cerita yang akan ditampilkan dalam buku. Ibu dan Bapak juga dipersilakan menggunakan teori atau kerangka konsep dalam menceritakan pengalaman-pengalaman tersebut. Namun jika Ibu dan Bapak merasa tidak menemukan kerangka konsep atau teori yang relevan, tetap dipersilakan untuk bercerita. Buku ini mementingkan konteks dan keberanian dalam menceritakan pengalaman praktis di rumah sakit. Hal yang paling utama adalah fakta dan kenyataan yang akan dibagikan kepada banyak pembaca buku ini.

 

Cerita Ibu dan Bapak akan disunting serta dilengkapi oleh tim penulis dengan teori dan konsep (jika memungkinkan). Oleh sebab itu, Ibu dan Bapak sedapat mungkin bercerita dengan rinci, logis, serta jelas. Ibu dan Bapak dapat memilih lebih dari 1 topik untuk diceritakan (tidak terdapat batasan topik). Cerita Ibu dan Bapak harap dikemas dalam software word processing dengan ukuran font 12, jarak spasi 1.5, dan maksimum 3000 kata.

 

Kepemilikan buku ini nantinya adalah milik MMR dan Ibu Bapak akan menjadi kontributor. MMR tidak menyediakan honor untuk setiap tulisan yang masuk. Kami berterima kasih atas kesediaan Ibu dan Bapak untuk berpartisipasi dalam pengembangan buku ini.

 

Bagi bapak/ibu yang berminat silahkan menghubungi narahubung dibawah ini:

Contact Person:

Dimas: 082138353835/ https://wa.me/6282138353835

 

Terima kasih atas perhatian dan partisipasinya. Mari bersama-sama mengabadikan jejak perjalanan profesional kita dalam buku ini.

Hormat kami,

Panitia Pembuatan Buku Alumni MMR UGM

🎓 #AlumniMMRUGM #BukuAlumniMMRUGM

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*