Kelompok Kerja Aktivitas Mutu Keperawatan


 

  Pengantar

Rumah sakit memiliki tanggung jawab besar di bidang kesehatan serta dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan bermutu tinggi dari masyarakatMutu pelayanan kesehatan yang tinggi dapat diwujudkan dalam bentuk pelayanan prima di bidang kesehatan, khususnya dalam bidang keperawatan. Kelompok kerja keperawatan berupaya menjembatani permasalahan, kebutuhan serta tuntutan yang harus dipersiapkan oleh lembaga rumah sakit.

Kelompok kerja keperawatan merupakan unit pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia perawat pada bidang pelayanan rumah sakit baik pada level manager maupun praktisi. Unit ini memiliki visi menciptakan dan meningkatkan kompetensi SDM perawat di rumah sakit dalam mencapai pelayanan yang berpusat pada kebutuhan pasien. Perawat sebagai salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan di rumah sakit harus memahami dan mengerti akan tuntutan masyarakat tersebut, karena perawat menghadapi secara langsung pelanggan baik pasien maupun keluarga selama pasien memperoleh pelayanan kesehatan di rumah sakit. Di samping itu, adanya keinginan dari pihak manajemen rumah sakit kepada perawat untuk memberikan pelayanan komprehensif yang mampu memuaskan konsumen dan mampu menciptakan loyalitas pelanggan, mengharuskan perawat untuk menjadi perawat yang profesional. Profesionalitas perawat ini akan diukur melalui proses akreditasi ataupun evaluasi mutu yang lain.


Kegiatan yang akan berlangsung

Workshop “Manajemen Keperawatan dalam Konsep Patient Safety Centered Care

Yogyakarta, 1-2 Juli 2013

Course Director:
Nuryandari
 
Pelatihan “80 Jam Manajemen Keperawatan Bagi Kepala Keperawatan Rumah Sakit

Yogyakarta, 23-28 September 2013

Course Director:
Nuryandari

 

 

 


 

Isi

  1. Mengembangkan program pelatihan yang berkaitan dengan issue pelayanan keperawatan
  2. Mengembangkan model pelayanan keperawatan yang mengacu pada patient centered care
  3. Menjalin kemitraan dan kerjasama dengan institusi rumah sakit dalam rangka peningkatan system pelayanan keperawatan

 


 Pengguna 

 Pelatihan ini dirancang untuk dapat diikuti oleh pihak-pihak sebagai berikut ini:

  1. Manajer Perawat
    • Direktur keperawatan
    • Kepala Bidang Keperawatan
    • Kepala Seksi Keperawatan
    • Kepala Ruang, Primary Nurse(PN)
    • Komite keperawatan
  2. Perawat Rumah Sakit (negeri maupun swasta)

 


 Referensi 

  1. Forman H, 2011, Nursing leadership for patient centered care, springer publishing company
  2. Huber F.Diane.2005, leadership and care management,Thirt edition,elseiver
  3. Wolf M.Debra,2007. Effect of patient centered care on patient satisfaction at hospital discharge, university of pittsburg

Tim

Penanggung Jawab

 Dr. Fitri Haryanti .S.Kp. M.Kes.

 

Anggota

Heru Subekti S.Kep., Ns.MPH
  Dian Wardanah.S.Kep., Ns.,MPH,
Nuryandari.SKM., M.Kes
Patricia
Endri Astuti, S.Kep
Tim Training dan Konsultan Keperawatan

 


Contact Person:
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:
Hernie Setyowatie, SE (Menik)
Gedung IKM Lantai II, Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta
Telp/fax : 0274-581679/551408 HP : 0818269560
Email : menik1234@yahoo.com

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*