Kelompok Kerja Manajemen Obat dan Logistik


Pengantar

 Manajemen obat merupakan isu yang sangat penting karena di sebagian RS obat (dan logistik medis lainnya) merupakan salah satu sumber pendapatan sekaligus komponen biaya terbesar. Perputaran uang yang terjadi pada obat-obatan berpotensi menimbulkan moral hazzard di kalangan pemberi pelayanan kesehatan, industri farmasi, maupun masyarakat sendiri. Dilain pihak banyak juga RS yang masih mengalami keidakseimbangan persediaan obat dibandingkan dengan kebutuhan. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh pola penganggaran (pemerintah) dan pola peresepan (kesesuaian dengan formularium). Oleh karena itu, pengelolaan obat di RS harus diperkuat agar efisien dan dapat mendukung proses pelayanan kesehatan yang optimal bagi pasien. 

Seminar dan Pelatihan

 
 

 

Isi

Para member akan mendapatkan berbagai kemudahan mengenai informasi terbaru yaitu berupa artikel, berita ataupun referensi lainnya mengenai perkembangan terbaru kebijakan manajemen obat, baik perkembangan yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu, para member juga dapat mengakses modul pelatihan, mengikuti pelatihan dan berdiskusi dengan seluruh Anggota Tim yang sudah berpengalaman dalam bidang pengelolaan obat dan logistik farmasi di RS. Adapun isi dari kelompok kerja ini adalah sebagai berikut:

Bagian 1: Memahami prinsip-prinsip pengelolaan obat 
berisi ulasan-ulasan up-to-date mengenai kebijakan dan teknis pengelolaan obat dan logistik farmasi di Rumah Sakit. Para anggota akan diberi alert system untuk mendapatkan berita terbaru yang terkait dengan topik ini.

 Bagian 2: Pelatihan Jarak Jauh

 

 

Pengguna

    1. Direktur Operasional RS
    2. Kepala Bidang Pelayanan/Kepala Bidang Penunjang
    3. Kepala Instalasi Farmasi RS
    4. Staf Instalasi Farmasi RS
 

 


Referensi


Tim

Penanggung Jawab

Dr. Dra. Erna Kristin, MSi, Apt

 

Anggota

Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc, Ph.D

Dra. Endang Budiarti, Apt., M. Pharm

dr. Sulanto Saleh Danu, Sp.FK

Dr. Kuncoro Harto Widodo, STP., M.Eng


Contact Person:
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:
Hernie Setyowatie, SE (Menik)
Gedung IKM Lantai II, Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta
Telp/fax : 0274-581679/551408 HP : 0818269560
Email : menik1234@yahoo.com

 

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*